Tes Kelincahan T Test ( Fase B )
Deskripsi : Tes ini merupakan gerakan lari ke depan, bergeser ke samping, dan lari mundur (Multidirectional). Tes ini merupakan adopsi dari T’Drill Test Brian McKenzie.
Tujuan : Untuk mengukur kelincahan.
Peralatan :
- Cone Mangkok.
- Lakban atau kapur.
- Stopwatch.
- Roll meter.
- Alat Tulis.
- Formulir Tes.
Formulir hasil pengukuran Tes kelincahan T Test .
Prosedur pelaksanaan tes:
Persiapan tes :
- Membuat lintasan start dan finish T Test dengan menandai tiap-tiap titik A, B, C, dan D.
- Jarak titik A ke B adalah 10 meter.
- Jarak titik B ke C dan B ke D adalah 5 meter.
- Menyiapkan alat-alat yang diperlukan.
- Menyiapkan formulir tes dan alat tulis.
Gambar 1. Area uji T Test
Pelaksanaan tes:
- Start dilakukan di titik A berdiri dengan posisi kaki selebar bahu, lutut sedikit ditekuk, dan salah satu kaki berada di garis start/finish.
- Pada saat aba aba "YA" siswa berlari ke titik B dan menyentuh bagian bawah cone B dengan tangan kanan.
- Setelah menyentuh cone B, siswa bergeser ke samping kiri ke titik C dan menyentuh bagian bawah cone C dengan tangan kiri.
- Setelah menyentuh cone C siswa bergeser ke samping kanan melewati cone B menuju titik D dan menyentuh bagian bawah cone D dengan tangan kanan. Kemudian lari ke titik B dan sentuh bagian bawah cone B dengan tangan kiri, dan berlari mundur melewati kerucut A di garis finish untuk menyelesaikan tes.
- Jika siswa tidak menyentuh pangkal cone, menyilangkan kaki saat bergeser, atau tidak bisa tetap menghadap ke depan, hentikan waktu dan ulangi penilaian.
Gambar 2. T Test
Pencatatan Skor :
Penguji menghitung waktu tercepat tanpa kesalahan.