Tes Kelincahan T Test ( Fase B )

Deskripsi : Tes ini merupakan gerakan lari ke depan, bergeser ke samping, dan lari mundur (Multidirectional). Tes ini merupakan adopsi dari T’Drill Test Brian McKenzie.

Tujuan :  Untuk mengukur kelincahan.

Peralatan : 

  • Cone Mangkok.
  • Lakban atau kapur.
  • Stopwatch.
  • Roll meter.
  • Alat Tulis.
  • Formulir Tes.

Formulir hasil pengukuran Tes kelincahan T Test .

Prosedur pelaksanaan tes: 

Persiapan tes : 

  1. Membuat lintasan start dan finish T Test dengan menandai tiap-tiap titik A, B, C, dan D.
  2. Jarak titik A ke B adalah 10 meter.
  3. Jarak titik B ke C dan B ke D adalah 5 meter.
  4. Menyiapkan alat-alat yang diperlukan.
  5. Menyiapkan formulir tes dan alat tulis.

    Gambar 1. Area uji T Test

Pelaksanaan tes:

  1. Start dilakukan di titik A berdiri dengan posisi kaki selebar bahu, lutut sedikit ditekuk, dan salah satu kaki berada di garis start/finish.
  2. Pada saat aba aba "YA" siswa berlari ke titik B dan menyentuh bagian bawah cone B dengan tangan kanan.
  3. Setelah menyentuh cone B, siswa bergeser ke samping kiri ke titik C dan menyentuh bagian bawah cone C dengan tangan kiri.
  4. Setelah menyentuh cone C siswa bergeser ke samping kanan melewati cone B menuju titik D dan menyentuh bagian bawah cone D dengan tangan kanan. Kemudian lari ke titik B dan sentuh bagian bawah cone B dengan tangan kiri, dan berlari mundur melewati kerucut A di garis finish untuk menyelesaikan tes.
  5. Jika siswa tidak menyentuh pangkal cone, menyilangkan kaki saat bergeser, atau tidak bisa tetap menghadap ke depan, hentikan waktu dan ulangi penilaian.

Gambar 2. T Test

Pencatatan Skor :
Penguji menghitung waktu tercepat tanpa kesalahan.