GSS - Tes Kelincahan T-Test (Fase D)

Deskripsi : T-Tes digunakan untuk mengetahui kelincahan dengan menempuh jarak 9,14 m yang dilakukan dengan cepat. Tes ini dilaksanakan dengan pengulangan sebanyak 3 kali dalam satu kesempatan tes. Tes ini merupakan adopsi dari David Fukuda, 2019.

Tujuan:  Mengukur kelincahan siswa.

Peralatan yang dibutuhkan: 

  • Cone piring.
  • Meteran.
  • Peluit.
  • Stopwatch.
  • Formulir tes.

Prosedur pelaksanaan tes: 

a. Persiapan Tes : 

  1. Penguji :
    • Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
    • Mengukur dan membuat lintasan lari berbentuk 'T' sesuai dengan ukuran.
    • Menempatkan kerucut (cone piring) yang telah ditentukan. (lihat Gambar 1).
    • Memberikan gerakan contoh pelaksanaan tes yang baik dan benar.
    • Menyiapkan Formulir Tes

  2. Siswa :
    • Memperhatikan peragaan T-Test yang dilakukan oleh penguji.
    • Melakukan pemanasan secukupnya.
    • Mencoba gerakan T-Test.

 

b. Pelaksanaan tes: 

  • Siswa melakukan pemanasan selama 10 menit.
  • Siswa berdiri di belakang garis start.
  • Penguji memberikan aba-aba ( Ya ) atau bunyi pluit, sambil menghidupkan stopwatch.
  • Setelah terdengar aba-aba (YA) atau bunyi pluit siswa memulai tes dari Kerucut A dengan lari ke depan ke arah kerucut B dan wajib menyentuh dengan tangan kanan, kemudian berlari menyamping (tidak menyilangkan kaki) ke kiri sampai menyentuh kerucut C dengan tangan kiri, dilanjutkan lari menyamping ke kanan sampai menyentuh kerucut D dengan tangan kanan, kemudian berlari kembali kearah kerucut B dan wajib menyetuh dengan tangan kiri. Kemudian berlari mundur menuju garis finish (Kerucut A) untuk menyelesaikan tes.
  • Penguji mencatat berapa banyak waktu terakumulasi (ke 0,01 detik terdekat) saat mereka menyelesaikan tes.
  • Bila siswa tidak dapat menyentuh kerucut dengan berlari menyamping, atau tidak dapat mempertahankan posisi menghadap ke depan, penguji menghentikan waktu dan pelaksanaan tes diulangi dari titik awal.
  • Siswa diberikan istirahat di setiap jeda pelaksanaan dengan waktu istirahat 3-5 menit.
  • Alternatif Tes, T-Test dapat dilakukan dengan mengubah arah ke kanan (kebalikan) di awal lari menyamping bagi siswa dengan kekhususan/kidal .

Gambar 1. Ilustrasi T-Test.

Gambar 2. Dokumentasi Pelaksanaan T-Test.

Cara memberi skor:
Waktu yang dicapai oleh pelari untuk menempuh jarak 18,28 meter. Waktu dicatat sampai persepuluh detik (ke 0,01 detik terdekat).