GSS - Tes Kelincahan T-Test (Fase D)
Deskripsi : T-Tes digunakan untuk mengetahui kelincahan dengan menempuh jarak 9,14 m yang dilakukan dengan cepat. Tes ini dilaksanakan dengan pengulangan sebanyak 3 kali dalam satu kesempatan tes. Tes ini merupakan adopsi dari David Fukuda, 2019.
Tujuan: Mengukur kelincahan siswa.
Peralatan yang dibutuhkan:
- Cone piring.
- Meteran.
- Peluit.
- Stopwatch.
- Formulir tes.
Prosedur pelaksanaan tes:
a. Persiapan Tes :
- Penguji :
- Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
- Mengukur dan membuat lintasan lari berbentuk 'T' sesuai dengan ukuran.
- Menempatkan kerucut (cone piring) yang telah ditentukan. (lihat Gambar 1).
- Memberikan gerakan contoh pelaksanaan tes yang baik dan benar.
- Menyiapkan Formulir Tes
- Siswa :
- Memperhatikan peragaan T-Test yang dilakukan oleh penguji.
- Melakukan pemanasan secukupnya.
- Mencoba gerakan T-Test.
b. Pelaksanaan tes:
- Siswa melakukan pemanasan selama 10 menit.
- Siswa berdiri di belakang garis start.
- Penguji memberikan aba-aba ( Ya ) atau bunyi pluit, sambil menghidupkan stopwatch.
- Setelah terdengar aba-aba (YA) atau bunyi pluit siswa memulai tes dari Kerucut A dengan lari ke depan ke arah kerucut B dan wajib menyentuh dengan tangan kanan, kemudian berlari menyamping (tidak menyilangkan kaki) ke kiri sampai menyentuh kerucut C dengan tangan kiri, dilanjutkan lari menyamping ke kanan sampai menyentuh kerucut D dengan tangan kanan, kemudian berlari kembali kearah kerucut B dan wajib menyetuh dengan tangan kiri. Kemudian berlari mundur menuju garis finish (Kerucut A) untuk menyelesaikan tes.
- Penguji mencatat berapa banyak waktu terakumulasi (ke 0,01 detik terdekat) saat mereka menyelesaikan tes.
- Bila siswa tidak dapat menyentuh kerucut dengan berlari menyamping, atau tidak dapat mempertahankan posisi menghadap ke depan, penguji menghentikan waktu dan pelaksanaan tes diulangi dari titik awal.
- Siswa diberikan istirahat di setiap jeda pelaksanaan dengan waktu istirahat 3-5 menit.
- Alternatif Tes, T-Test dapat dilakukan dengan mengubah arah ke kanan (kebalikan) di awal lari menyamping bagi siswa dengan kekhususan/kidal .
Gambar 1. Ilustrasi T-Test.
Gambar 2. Dokumentasi Pelaksanaan T-Test.
Cara memberi skor:
Waktu yang dicapai oleh pelari untuk menempuh jarak 18,28 meter. Waktu dicatat sampai persepuluh detik (ke 0,01 detik terdekat).