GSS - Tes Kelincahan : T-Test (Fase EF)
Deskripsi : Tes ini berupa aktivitas berlari ke arah depan, ke arah samping kiri dan kanan serta berlari mundur. Tes ini merupakan adopsi dari Fukuda, 2019.
Tujuan: Untuk Mengukur kelincahan siswa.
Peralatan :
- Lapangan dengan permukaan datar dan tidak licin (ukuran minimal panjang 12 meter dan lebar 10 meter).
- Meteran.
- Peluit.
- Stopwatch.
- Kerucut (cone piring).
- Alat tulis. dan
- Lembar pencatat hasil/penghitungan tes.
Prosedur pelaksanaan tes:
a. Persiapan Tes :
- Penguji :
- Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
- Mengukur dan membuat lintasan lari berbentuk 'T' sesuai dengan ukuran.
- Menempatkan kerucut (cone piring) yang telah ditentukan. (lihat Gambar 1).
- Memberikan gerakan contoh pelaksanaan tes yang baik dan benar.
- Siswa :
- Memperhatikan peragaan T-Test yang dilakukan oleh penguji.
- Melakukan pemanasan secukupnya.
- Mencoba gerakan T-Test.
b. Pelaksanaan:
- Siswa berdiri di belakang garis start.
- Penguji memberikan aba-aba 'Ya', sambil menghidupkan stopwatch.
- Setelah terdengar aba-aba 'YA' siswa memulai tes dari titik A dengan lari ke depan ke arah kerucut B dan wajib menyentuh dengan tangan kanan, kemudian berlari menyamping (tidak menyilangkan kaki) ke kiri sampai menyentuh kerucut C dengan tangan kiri, dilanjutkan lari menyamping ke kanan sampai menyentuh kerucut D dengan tangan kanan, kemudian berlari kembali ke arah kerucut B dan wajib menyentuh dengan tangan kiri. Kemudian berlari mundur menuju garis finish (titik A) untuk menyelesaikan tes.
- Penguji mencatat waktu yang ditempuh untuk menyelesaikan tes.
- Siswa diberikan istirahat di setiap jeda pelaksanaan dengan waktu istirahat 3-5 menit.
- Bila siswa tidak dapat menyentuh kerucut dengan berlari menyamping, atau tidak dapat mempertahankan posisi menghadap ke depan, penguji menghentikan waktu dan pelaksanaan tes diulangi dari titik awal.
Gambar Contoh Lintasan T-Test
- Alternatif Tes
T-Test dapat dilakukan dengan mengubah arah ke kanan (kebalikan) di awal lari menyamping bagi siswa dengan kekhususan/kidal
Penskoran :
Waktu yang dicapai oleh pelari untuk menempuh jarak 18,28 meter. Waktu dicatat sampai persepuluh detik (ke 0,01 detik terdekat)